Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Manfaat Daun Rosemary Untuk Kesehatan

Daun rosemary merupakan tanaman yang sering dijadikan bumbu masakan khususnya untuk hidangan mediterania. Daun rosemary sangat khas baunya, sehingga biasanya dijadikan dalam campuran ketika kita membuat sup, atau hidangan lainnya. Selain itu, daun rosemary juga memiliki keunikan karena bentuknya yang runcing layaknya jarum.

 

Sejak zaman dahulu, rosemary dimanfaatkan sebagai obat herbal. Zat-zat yang terkandung dalam daun tersebut memiliki manfaat positif bagi tubuh.

Berikut lima manfaat daun rosemary bagi kesehatan

 

1 . Baik Sebagai Anti Bakteri

Rosemary dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang berperan untuk melawan bakteri yang menyebabkan sakit perut. Selain itu juga memiliki kandungan sifat anti bakteri yang melindungi Anda dari infeksi staph.

 

2 . Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Pencernaan yang buruk akibat makanan yang dikonsumsi dapat menyebabkan diare, sembelit, gangguan pencernaan, kram perut, perut kembung dan masalah lambung lainnya.

Untuk mencegah hal ini, Anda dapat menggunakan rosemary sebagai solusinya.

 

3 . Meningkatkan Kesuburan Rambut

Rosemary juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan rambut, membuatnya tetap panjang, dan indah.

Campurkan 1 sendok makan minyak rosemary, 2 sendok minyak almond lalu pijat kulit kepala Anda selama 20 menit setiap hari selama 6-7 bulan.

 

4 . Meningkatkan Sirkulasi Darah

Minyak rosemary dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Gunakan  ujung jari Anda yang telah dioleskan minyak esensial dan lakukan pijatan pada kulit kepala dengan gerakan melingkar untuk merasakan hasilnya.

 

5 . Membantu Fungsi dan Kerja Ginjal

Rosemary diketahui sebagai bahan alami yang mengandung diuretik karena membantu mengurangi kembung dan retensi air dalam tubuh Anda.

Rosemary biasa digunakan dan ditambahkan dalam membuat ramuan dalam diet karena akan meningkatkan  produksi dan aliran urine. Ini tentunya secara langsung juga akan membantu fungsi ginjal untuk membuang kelebihan air pada tubuh Anda sehingga membuat jumlah air pada ginjal berada pada sisi normal.

 

6 . Dapat Mengatasi Masalah Pernapasan

Selama bertahun-tahun, rosemary telah diyakini dapat membantu Anda  yang menderita masalah pernapasan. Menghirup aroma minyak rosemary membantu melarutkan pernapasan yang tersumbat seperti flu, pilek  alergi, iritasi tenggorokan dan sinus.

 

7 . Meningkatkan Memori dan Konsentrasi Otak

Rosemary secara signifikan dapat meningkatkan kinerja otak yang juga akan berpengaruh pada peningkatan konsentrasi dan kemampuan dalam hal daya ingat.

Tetapi penting juga Anda ketahui saat mengonsumsi terlalu banyak rosemary juga akan melemahkan fungsi kognitif Anda.

 

8 . Dapat Mencegah Kanker

Asam carnosol, asam ursolat carnosic dan asam rosmarinic yang ditemukan pada rosemary dapat mencegah atau menekan perkembangan tumor dan kanker di tubuh.

Selain itu juga mengurangi risiko kanker usus besar, payudara, perut, hati, sel melanoma dan sel-sel leukemia.

 

9 . Memperlambat Proses Penuaan

Karena memiliki sifat anti – inflamasi dan kandungan antioksidan, rosemary menjadi bahan yang banyak digunakan untuk krim anti – penuaan dan lotion. Tidak hanya merangsang regenerasi kulit, tetapi juga membuat dan meningkatkan kecerahan warna kulit secara keseluruhan.

Selain itu juga  membuat kulit lebih bercahaya dengan cara  mengoptimalkan sirkulasi darah

 

Sumber: www.teruskan.com

Manfaat Daun Kersen Untuk Kesehatan

Tanaman kersen, mungkin ada juga yang menyebutnya talok, atau cherry jawa, tapi di daerah kami dijuluki keres. Tanaman yang tergolong tumbuhan liar, yang dapat tumbuh tanpa ada perawatan sendiri, dan biasanya ditemukan di pinggir-pinggir jalan atau sungai. Sering kali buah yang memiliki rasa sangat manis ini menjadi tempat bermain anak-anak. Dan karena rasanya yang manis ini pula, bukan hanya anak-anak saja yang suka, tetapi orang dewasa pun juga suka. 

 

Karena seringnya dianggap sebagai tanaman liar, banyak orang yang mencabuti pohon ini karena dirasa mengganggu. Padahal sangat disayangkan, pohon kersen ini mengandung berbagai manfaat. Dari beberapa bagian tanaman kersen, buah kersen dikenal sebagai obat untuk menyembuhkan diabetes dan asam urat. Selain buahnya memiliki manfaat sebagai penyembuh penyakit, ternyata daunnya pun juga bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat daun kersen terutama untuk kesehatan? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Read more...

Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan

Tanaman kapulaga termasuk tanaman yang berbatang basah, memiliki tinggi antara 2 sampai 3 meter. Buah kapulaga berbentuk bulat kecil-kecil seperti kopi. Di dalam buahnya terdapat  biji yang berlipat, kalau masih muda warnanya putih kemerahan, kalau sudah tua  berwarna putih. Kalau sudah dikeringkan warnanya putih bersih, dan beraroma khas, kalau dikunyah rasanya semriwing seperti mentol. Buah kapulaga terletak di permukaan tanah yang menyatudengan akar serabut, yang sebagian tertanam dalam tanah, dan yang sebagian kelihatan dari luar. 

 

Tanaman kapulaga merupakan sejenis rempah-rempah yang berasal dari negara India. Biasanya masyarakat India menggunakan kapulaga sebagai bumbu dalam berbagai jenis masakan India. Selain sebagai bumbu dapur, rempah-rempah ini juga telah digunakan dalam pengobatan Ayurvedic sebagai pengobatan untuk sariawan, masalah pencernaan, dan bahkan depresi.

 

Manfaat kesehatan dari kapulaga termasuk perlindungan gastrointestinal, mengontrol kolesterol, mengendalikan kanker, mengobati masalah kardiovaskular, dan peningkatan sirkulasi darah dalam tubuh. Hal ini berguna untuk menyembuhkan penyakit gigi dan infeksi saluran kemih seperti cystitis, nefritis, dan gonore. Kapulaga memiliki sifat afrodisiak dan juga digunakan sebagai obat untuk impotensi, disfungsi ereksi, dan ejakulasi dini.


    Tanaman rempah-rempah ini banyak mengandung senyawa kimia yang berfungsi sebagai anti-oksidan yang dapat membantu mencegah penyakit dan menjaga kesehatan.
    Mengandung banyak minyak atsiri yang penting bagi tubuh, seperti pinene, sabinene, myrcene, phellandrene, limonene, 1, 8-cineole, terpinene, p-cymene, terpinolene, linalool, linalyl asetat, terpinen, a-terpineol, asetat terpineol, sitronelol, nerol, geraniol, metil eugenol, dan trans-nerolidol.
    Sifat terapeutik pada minyak kapulaga minyak telah banyak digunakan sebagai obat-obatan tradisional sebagai antiseptik, antispasmodik, karminatif, menjaga pencernaan, diuretik, ekspektoran, stimulan, obat perut dan tonik.
    Kapulaga merupakan sumber mineral seperti kalium, kalsium, dan magnesium. dimana kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Tembaga dibutuhkan dalam produksi sel darah merah.
    Selain itu, kapulaga merupakan sumber dari zat besi dan mangan. 100 g polong mengandung zat besi 13,97 mg atau sekitar 175% dari rekomendasi asupan gizi harian. Zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan metabolisme sel. Mangan adalah co-faktor untuk enzim, superoksida dismutase, serta penangkal radikal bebas.
    Kapulaga juga kaya akan vitamin yang penting bagi tubuh seperti riboflavin, niasin, dan vitamin C.

Manfaat Kapulaga

Kapulaga merupakan rempah-rempah yang banyak memiliki kandungan manfaat bagi kesehatan tubuh, berikut daftar manfaat kapulaga yang telah mendapat pengakuan luas.

 

1. Dapat menurunkan resiko kanker

Kandungan anti-karsinogenik dalam kapulaga merupakan properti pencegah kanker yang menjadi salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Dalam studi yang dilakukan oleh Sengupta et al. di Chittaranjan National Cancer Institute di Kolkata telah menunjukkan bahwa menggunakan kapulaga memiliki hasil positif dalam menangkal kanker kolorektal hingga 48%.

 

2. Baik untuk kesehatan jantung

Dalam studi penelitian yang dilakukan di Departemen Farmakologi dan Farmasi di College of Pharmacy Raja Saud University, Arab Saudi menunjukkan bahwa penggunaan kapulaga pada pasien penderita kardiovaskular dapat mengendalikan irama detak jantung serta mengendalikan hipertensi.

 

3. Mengontrol kolesterol

Mikronutrien yang ditemukan dalam kapulaga dipercayai dapat membantu mengatasi lonjakan lipid dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan di Toxicology Divisi Farmakologi dan di Hindustan India oleh Dhuley dengan percobaan enzim antioksidan hati dan jantung dari kapulaga pada tikus, yang diberi makan diet tinggi lemak menunjukkan bahwa enzim antioksidan memiliki pengaruh pada tingkat kolesterol dengan membantu mengendalikannya secara signifikan.

 

4. Anti-depresan

Kandungan minyak esensial dari kapulaga merupakan salah satu minyak yang memiliki sifat antidepresan yang digunakan sebagai aromaterapi. Hal ini dapat digunakan tidak hanya untuk mengobati depresi, tetapi juga digunakan daam pengobatan berbagai macam jenis penyakit seperti gangguan perut untuk penderita penyakit paru-paru.

 

5. Mengobati gangguan kemih

Kandungan nutrisi kapulaga telah digunakan sebagai obat untuk penyakit saluran kemih dan infeksi seperti sistitis, nefritis, dan gonore.

 

6. Menurunkan resiko penyakit gastrointestinal

Manfaat kapulaga telah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati gangguan pencernaan. Ekstrak metanol dari kapulaga merupakan komponen penting yang dapat membantu mengendalikan gangguan pencernaan seperti perut kembung dan kram perut. Sebuah studi telah menunjukkan bahwa minyak atsiri dalam kapulaga secara efektif dapat mengurangi gangguan pencernaan.

 

7. Antimikroba

Kapulaga memiliki sifat melawan infeksi. Dalam ilmu pengetahuan modern diketahui bahwa kapulaga mengandung sifat antimikroba yang mampu menghambat pertumbuhan dan penyebaran beberapa mikroba yang sangat berbahaya bagi tubuh yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

 

8. Mengobati kejang otot

Kejang otot merupakan gangguan yang sering dialami oleh orang-orang lanjut usia. Hal ini disebabkan oleh terjadinya kontraksi otot secara tiba-tiba. Ketika hal itu terjadi, dapat memicu timbulnya rasa sakit pada bagian tersebut. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa kapulaga dapat digunakan untuk mengontrol kejang otot.

 

9. Mengobati sakit gigi

Kandungan antibiotik yang ada dalam kapulaga dipercaya mampu mengobati sakit gigi.

 

10. Mengobati asma

Kapulaga juga dapat digunakan sebagai obat untuk asma dan masalah pernapasan lainnya. Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak mentah dari kapulaga cukup efektif dalam membuka penyempitan saluan udara dalam tubuh serta efektif dalam menciptakan relaksasi pada jaringan trakea.

 

11. Mengobati nyeri sendi

Sifat anti-inflamasi dan anti-karsiogenik yang dimiliki kapulaga dipercaya mampu mengobati rasa nyeri yang terjadi pada persendian.

Read more...