Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Manfaat Daun Sirih

Manfaat Daun SirihSiapa yang tidak mengenal daun sirih, atau juga bisa kita sebut daun suruh. Daun yang sering dikunyah bersama dengan gambir, pinang, dan kapur oleh para sesepuh kita pada zaman dulu, pastinya sudah tidak asing lagi.

Tanaman sirih merupakan sejenis tanaman merambat. Biasanya tanaman sirih dapat ditanam sebagai tanaman hias, tumbuhnya melilit pada tanaman lain tanpa mengganggu tanaman yang ditumpanginya. Tanaman yang memiliki panjang hampir 15 meter ini, memiliki batang yang berwarna hijau kecoklatan, berbentuk bulat, beruas dan merupakan tepat keluarnya akar.  Daun sirih termasuk daun tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, letaknya berselingan, bertangkai dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas.

Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (beklephenol), seskuiterpen, patr, diatase, gula dan zat samak, danchavicol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidan dan fungisida (antijamur). Daun sirih juga bersifat menahan pendarahan, menyembuhkan luka pada kulit, gangguan saluran pencernaan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik dan menghilangkan bau badan.

Khasiat lainnya adalah dapat mengobati batuk, sariawan, bronchitis, jerawat, keputihan, sakit gigi karena berlubang, demamberdarah, bau mulut, haid tidak teratur, asma radang tenggorokan, gusi bengkak, eksim, luka bakar, koreng, kurap kaki, bisul, mimisan, sakit mata, mengurangi produksi ASI dan menghilangkan gatal.