Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Manfaat Tanaman Kemuning Bagi Kesehatan

Tanaman kemuning biasanya tumbuh liar liar di semak belukar, tepi hutan atau ditanam sebagai tanaman hias dan tanaman pagar. Tanaman yang memiliki nama latin Murrya paniculata L.Jack ini dapat tumbuh baik di dataran rendah hingga ketinggian 400 m diatas permukaan laut (dpl). Tanaman ini memiliki batang keras, beralur dan tidak berduri. Tingginya mencapai 3-8 m.

Tanaman kemuning memiliki cabang yang banyak dengan ranting-ranting yang cukup kuat. Daunnya termasuk daun majemuk, bersirip ganjil dengan anak daun 3-9 helai dan letaknya berselingan. Bunga tanaman kemuning berbentuk tandan, berwarna putih, baunya wangi dan buka keluar dari ketiak daun atau ujung ranting. Sedangkan buahnya buah buni berdaging, berbentuk bulat telur atau bulat memanjang, masih muda berwarna hijau bila sudah tua berwarna merah mengkilap dan memiliki dua biji.

Kandungan Tanaman Kemuning

Tanaman kemuning mengandung cadine, geraniol, eugenol, citrenellol, mexotioin, scopeletin, tanin dan coumorrayin. Kemuning memiliki ras yang pedas, pahit, hangat bagi jantung, hati dan paru. Khasiat dari tanaman kemuning yaitu dapat mengobati radang buah zakar, radang saluran pernapasan, infeksi saluran kencing, kencing nanah, keputihan, sakit gigi, haid tidak teratur, melangsingkan badan, rematik, keseleo, bisul, koreng dan masih banyak lagi yang lain. Untuk mengetahui bagaimana penggunaannya, silahkan Anda menyimaknya berikut ini.