Roselle Ampuh Sembuhkan Berbagai Penyakit

    roselle ampuh sembuhkan berbagai penyakitSebagian besar Anda mengetahui tanaman roselle dengan sebutan bunga rosella. Tanaman yang memiliki bunga merah ini memiliki khasiat dapat menyembuhkan penyakit hipertensi, kecanduan narkoba hingga kanker.

    Roselle berbunga setelah berumur 2,5 bulan. Bunganya muncul di ketiak daun, menempel di batang. Bagian yang bermanfaat adalah calyx (kelopak) bunganya. Kelopaknya tebal dan kaku. Berwarna merah cerah dan berbulu. Pemanenan bunga dilakukan jika bunga sudah mencapai pertumbuhan optimal, kira-kira umur 30 hari. Tandanya, ukurannya sudah tidak bertambah lagi tetapi masih dalam keadaan segar, tidak mengering. Pemanenan dapat dilakukan pada pagi atau sore hari. Calyx bunga dipisahkan dari biji lantas dicuci kemudian diolah sesuai dengan kebutuhan.

     

    Khasiat roselle

    Tanaman ini diyakini bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit degeneratif. Penyakit yang sering diderita oleh banyak orang seperti kolesterol tinggi, trigliserid tinggi, TBC, katarak, osteoporosis bahkan penyakit menakutkan seperti kanker dan tumor ganas dapat disembuhkan dengan roselle ini. Selain itu roselle juga bisa menyembuhkan para pecandu narkoba.

    Berbagai penelitian tentang roselle

    • uji farmakologi di Senegal merekomendasikan ekstrak calyx roselle bermanfaat menurunkan tekanan darah. Bagaimana mekanismenya? Senyawa aktif yang ada dalam roselle membantu melancarkan peredaran darah dengan mengurangi derajat viskositas (kekentalan) darah. Dengan begitu, kerja jantung memompa darah pun semakin ringan, dan otomatis tekanan (darah) rendah. Semua itu tak lepas dari peran asam organik, polysakarida, dan flavonoid yang terkandung didalamnya. Tahun 1962, Sharaf, ilmuwan Senegal mengumumkan bahwa ekstrak kelopak bunga berfungsi antipasmodiac, anthelmitic, dan antibakteri. Pada tahun 1964 menunjukkan kelopak bunga yang berair efektif melawan Acaris gallinarum, cacing parasit pada unggas. Tiga tahun kemudian, Sharaf dan kawan-kawan mendapati bahwa ekstrak kelopak roselle bisa mematikan Mycobacterium tuberculosis. Selain itu, kelopak bunga roselle sangat kaya akan vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia terhadap serangan penyakit.
    • Di Guatemala, roselle merupakan penyembuh favorit bagi pecandu narkoba dan alkohol. Karena itu di Amerika, Food and Drug Administration merekomendasikan ekstrak calyx bunga roselle dihidangkan bersamaan dengan minuman beralkohol.

    Cara Mengolah Roselle

    Setelah bijinya dihilangkan dari calyx bunganya, maka roselle siap diolah. Bisa diseduh seperti teh, satu bunga dengan air panas sekitar 250 ml, untuk sekali minum. Bila dirasakan terlalu asam, dapat ditambah dengan gula, kecuali bagi penderita diabetes, gula tidak diperkenankan. Bisa menggunakan alternatif lainnya. Untuk menjaga kesehatan dapat meminumnya 2 kali sehari. Tetapi untuk penderita akut seperti kanker, darah tinggi dan lain-lain, maka dapat meminum 3 kali sehari. Kendati roselle kaya senyawa berkhasiat, bukan berarti bisa jalan sendiri. Pengobatan dengan roselle bakal lebih manjur jika dibarengi dengan ramuan lain yang tentunya dianjurkan oleh herbalis Anda.

    Sumber: Majalah Flona



    © 2021 Mojokertocyber Media. All Rights Reserved.