Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Meniran Dan Khasiatnya Untuk Kesehatan

KIta mungkin sudah mengenal tanaman meniran, tanaman yang biasa tumbuh subur di pekarangan rumah. Meniran memiliki batang yang kecil dan lunak dengan tinggi kurang lebih 30 cm. Bentuk daunnya kecil-kecil seperti daun petai cina. Di bawah daun tumbuh buah yang berwarna hijau muda kecil-kecil bulat. Letaknya berjajar di bawah daun, menghadap ke bawah. Mengapa dinamai meniran, karena buahnya sangat kecil-kecil seperti menir (dalam bahasa jawa merupakan beras yang ditumbuk menjadi butir-butir lembut yang disebut menir).

 

Senyawa Aktif dalam daun meniran adalah:

 

Manfaat khasiat daun meniran untuk pengobatan dan kesehatan dapat diperoleh karena daun meniran  sangat kaya akan berbagai kandungan kimia, antara lain: phyllanthin, hypophyllanthin, niranthin, nirtetrali, nirurin, nirurinetin, norsecurinine, phyllanthenol, phyllnirurin, phylltetrin, quercitrin, quercetin, ricinoleic acid, rutin, salicylic acid methyl ester, garlic acid, ascorbic acid, hinokinin, hydroxy niranthin, isolintetralin, dan isoquercetin.

Senyawa lain yang terkandung dalam Meniran adalah beta-d-xylopyranoside dan beta-sitosteroy. Senyawa lain yang baru ditemukan adalah seco-4-hidroksilintetralin, seco-isoarisiresinol trimetil eter, hidroksinirantin, dibenzilbutirolakton, nirfilin, dan neolignan.

Manfaat Meniran untuk kesehatan


Sebagai Antibiotik
Manfaat daun meniran yang pertama adalah untuk mengobati luka dan baik digunakan sebagai daun yang antibakteri atau antibiotik alami. Ada beberapa senyawa yang bisa membunuh bakteri dalam tubuh. Hal ini yang menjadikan daun meniran berguna sebagai antibiotik alami. Selain itu daun meniran juga berfungsi untuk membunuh jamur penyebab penyakit kulit.

 

Mengatasi Asam Urat dan Batu Ginjal
Manfaat kedua daun meniran adalah mampu mengatasi asam urat dan batu ginjal. Dalam daun meniran terdapat zat bernama flovanoid yang berperan aktif untuk mengatasi asam urat dan menyembuhkan batu ginjal. Ion K dalam daun meniran bisa mengikat kristal asam urat sehingga bisa dilarutkan dalam air seni.

Selain itu daun meniran juga bersifat melancarkan keluarnya air seni.

Sebagai ImmunomodulatorManfaat daun meniran adalah sebagai immunodulator yang bekerja dalam tubuh dan membuat tubuh lebih aktif dalam sistem metabolisme. Dengan demikian sistem kekebalan tubuh meningkat dan mencegah serangan dari bakteri dan virus yang sewaktu-waktu bisa menyerang tubuh dengan mudahnya. Sehingga daun meniran sangat baik digunakan untuk pertahanan imun tubuh.

 

Sebagai Tanaman Anti Kanker
Selain bertindak sebagai immunodulator, daun meniran menjadi tumbuhan antikanker yang bisa mencegah datangnya sel kanker. Sel kanker mampu dihancurkan oleh senyawa-senyawa yang terdapat pada daun meniran.

 

Sebagai Tanaman Anti Diabetes
Dalam daun meniran memiliki zat yang bernama hypophyllanthin dan phyllanthin yang berperan aktif untuk menurunkan jumlah gula dalam darah. Telah dibuktikan dalam berbagai percobaan bahwa daun meniran merupakan tanaman antidiabetes.

 

Sebagai Obat Rematik
Manfaat daun meniran selanjutnya adalah untuk mengobati rematik. Daun meniran bisa menjadi jamu tradisional yang bisa menyembuhkan rematik dengan cara merebus daun meniran kemudian Anda minum air rebusan yang telah disaring.

 

Mengatasi Hepatitis
Penyakit hepatitis bisa diatasi dengan daun meniran. Untuk Anda yang sedang mengidap hepatitis, Anda bisa memanfaatkan daun meniran untuk direbus dan diminum air rebusannya. Lakukan hal ini secara rutin. Karena daun meniran bisa mengeluarkan racun dalam organ hati Anda.

 

Mengobati Rabies
Bila Anda mengidap rabies akibat digigit oleh anjing gila, Anda bisa memanfaatkan daun meniran sebagai solusinya. Anda bisa merebus daun meniran untuk direbus dengan campuran daun sendok dan daun tempuyung, disarankan untuk Anda meminumnya 2 kali sehari pagi dan sore.

 

Mengobati Rabun Senja
Manfaat daun meniran yang terakhir adalah untuk mengatasi rabun senja. Bila Anda mengalami masalah pada bagian mata yang tidak bisa melihat jelas diwaktu sore, rebuslah daun meniran dan hati ayam, kemudian Anda makan bersamaan agar khasiat daun meniran dan hati ayam menutrisi mata Anda agar tidak rabun lagi.