Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Talang Hujan, lebih unggul digunakan dengan NFT

Sistem Hidroponik menggunakan sistem nutrient film technic ( NFT ) adalah lebih baik jika menggunakan talang hujan untuk hidroponik  mengapa ? simak menuturan dari Opa Yos berikut ini.

Menggunakan talang hujan rumah tangga, yang dasarnya rata, memberi kesempatan akar tersebar merata, mencegah tumbuh berdesak-desakan, mengurangi kompetisi menyerap nutrisi dari larutan yang mengalir. Keleluasaan menyerap hara tentunya berpengaruh positif pada penyerapan nutrisi oleh akar, sehingga menyebabkan derajat pertumbuhannya besar.

 

Dasar talang yang rata menyebabkan aliran nutrisi tipis-tipis saja, hanya setipis 3 mm, sehingga mempunyai kemungkinan menyerap oksigen dari udara sangat besar, dan dengan demikian meningkatkan kandungan oksigen-terlarut. Proses respirasi dapat berjalan jauh lebih baik, menghasilkan energi lebih banyak, dan sanggup menyerap nutrisi lebih banyak. Juga nutrisi yang bobotnya relatif lebih berat akan lebih mudah terangkat, misalnya K yang berat atomnya 39, Ca yang 40, dan unsur hara mikro a.l. Fe, ferrum, yang 57. Dengan semua unsur dapat terserap dalam jumlah yang memadai, maka dapat dipastikan bahwa konsistensi sel optimal, pertumbuhan dan kualitas hasil pasti lebih baik.

Dalam NFT, nutrient film technic, dimungkinkan memperbesar kelandaian, atau “slope” talang. Misalnya dari kelandaian 1 : 40, yang berarti tangens = 2,5 %, bisa saja kita tingkatkan menjadi 1 : 20, = tangens 5 %, yang menyebabkan larutan nutrisi mengalir lebih cepat, dan dalam turbulensi-nya meningkatkan kadar oksigen-terlarut, sehingga respirasi tanaman lebih gencar.

Flowrate atau curah larutan nutrisi dalam talang yang biasanya 1 liter/talang/menit, kita tingkatkan menjadi 2 liter/talang/menit, sehingga derasnya aliran nutrisi dalam talang menjadi semakin kuat, dan unusur-unsur hara dapat terserap lebih banyak, sehingga anabolisma/pembangunan body tanaman bisa berlangsung lebih pesat.

Pemeliharaan tanaman dalam kondisi matahari cerah sepenuhnya dari pagi hingga sore, akan menyebabkan proses foto-sintesa berjalan lebih lancar. Karbohidrat yang terbentuk berjumlah banyak, menyebabkan daya dukung respirasi tanaman optimal. Energi yang terbentuk leluasa, sehingga semua unsur hingga yang berat sekalipun terangkat. Sel, jaringan, dan organ, terbentuk sempurna, tinggi kualitas dan kuantitas hasil produksi.

Disilakan memperhatikan gambar dan foto instalasi hidroponik dan tanamannya pada majalah-majalah luar negeri, terlihat bahwa semua projek NFT yang komersial, selalu beralaskan talang gully yang dasarnya rata, flat, berbentuk empat persegi atau trapezium. Tidak terlihat digunakannya pipa pralon bulat.

Talang hujan rumah tangga banyak dijual di toko bahan bangunan, atau yang secara populer disebut Toko Material. Gully bentuk empat persegi atau trapezium, mulai terlihat ada yang mengimport dan mulai diproduksi di dalam negeri.

 

Sumber : Facebook Jos Setiyoso