Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Cara membuat Pestisida organik dan Insektisida nabati

Pada saat kita menanam tanaman hidroponik, tidak jarang diantara kita mengeluh tanaman hidroponik kita diserang oleh hama yang membuat tanaman menjadi rusak, dampaknya berpenampilan jelak dan bahkan menyebabkan mati. Namun disisi lain kita tidak ingin menggunakan pestisida berbahan kimia dengan alasan berbahaya bagi  manusia. bagaimana cara membuat pestisida organik untuk tanaman hidroponik atau tanaman kebun.

Pestisida organik merupakan solusi jangka pendek untuk mengatasi masalah hama dengan cepat. Pestisida nabati harus menjadi bagian dari sistem pengendalian hama, dan hanya dapat digunakan tatkala diperlukan saja. So jangan menggunakan pestisida alami bila tidak terdapat hama atau tidak ada tanaman yang rusak.

Bahkan, sebaiknya jangan digunakan bila hanya terdapat sedikit kerusakan tanaman. Luangkan waktu sedikit untuk mengamati apakah ada predator hama memakan hama-hama dan apakah hama-hama tersebut menyebar dengan cepat atau lambat, bila masih ada predator hama, sebaiknya biarkan mereka yang bekerja.

Ada beberapa insektisida alami di alam ini, sangat kuat dan akan membunuh semua serangga, yang merugikan dan yang bermanfaat. Hati-hatilah karena sebagian besar serangga sebenarnya tidak membahayakan tanaman Anda dan membunuh mereka justru bisa menciptakan masalah di kemudian hari.

 

Pestisida Alami

Hama sasaran:
Semut, Laba-laba, Lalat Buah, Trips, Tungau (Mite), Kutu Kebul (Bemisia Tabaci), Penggorok daun jenis ulat, belalang, jangkrik dan lain-lain.

Bahan- bahan:
- Bawang putih 1 ons
- Kunyit 1 ons
- Lengkuas 3 ons
- Sereh 3 batang
- Merica secukupnya


Cara membuat:
Bahan ditumbuk dilumatkan sampai hancur, tambahkan air 1 liter dan didihkan sebentar. Setelah selesai pindahkan ke dalam wadah. Tambahkan sabun cuci yang biasa kita gunakan untuk mencuci piring secukupnya, aduk sampai rata, kemudian dinginkan. sebelum digunakan saring dengan kain halus, agar tidak menyumbat semprotan.


Aplikasi:
Tambahkan air, setiap 100 cc - 200 cc tambahkan air 3 s/d 4 liter air. Semprotkan pada tanaman yang terkena hama.