Memberantas Kuman Secara Menyeluruh di Dalam Rumah

    Article Index

    Kita semua tahu bahwa kuman ada dimana-mana. Tanpa kita sadari mungkin kita sedang berinteraksi dengan kuman sehingga tahu-tahu kita sudah sakit. Oleh karenanya, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan terutama dalam memberantas kuman secara menyeluruh di dalam rumah. Diantaranya yaitu:

    Beli botol air minum yang baik

    Untuk menghemat, kita sering menggunakan ulang botol plastik bekas air kemasan. Tindakan yang ramah lingkungan ini justru membahayakan kesehatan. Hasil pengujian sampel air dari botol bekas air kemasan yang digunakan ulang menemukan banyak kandungan kuman. Kuman-kuman yang ditemukan antara lain yang dapat menyebabkan diare dan berbagai masalah perut lainnya. Lebih baik, beli botol air plastik dengan mulut lebar yang biasa digunakan pengendara sepeda. Botol ini mudah dicuci. Kocok dan gosok dengan air sabun panas. Botol Anda pun bersih dan aman untuk digunakan lagi.

     


    Mengeringkan tangan

    Mencuci tangan paling sedikit 7 kali sehari dapat menurunkan risiko sakit sampai 75%, Riset menunjukkan, mengeringkan tangan sesudah dicuci dapat menghilangkan bakteri lebih banyak 42%. Gunakan alat pengering yang tidak menjadi tempat bersarangnya kuman penyebab penyakit. Misalnya lap handuk kertas yang dibuang sesudah dipakai.


    Masukkan sedikit stres ke dalam kehidupan.

    Beberapa studi menunjukkan, stres jangka panjang kronik melemahkan sistem imun, menggandakan kemungkinan terserang kuman. Anehnya, stres jangka pendek justru mempunyai efek kebalikannya. Stres kecil ini justru menstimulir pelepasan zat kimia pembawa pesan yang hebat, yang meningkatkan fungsi sel-sel imun sampai 55%. Untuk mendapatkan khasiat ini, coba dapatkan stres penguat sistem imun terbaik selama 30 menit, 3 kali seminggu, yaitu olahraga. Dengan berolahraga, dapat membuat sistem imun melakukan fungsi terbaiknya. Selain itu, olahraga juga menggandakan produksi antibodi pembasmi kuman.


    Cuci pakaian secara tepat

    Mencuci dan mengeringkan pakaian bukan jaminan pakaian bebas kuman. Para periset dari Arizona menemukan bahwa virus pilek, flu, E.coli, salmonella dan bahkan rotavirus (virus yang menyebabkan diare parah pada anak yang umurnya masih kecil) masih hidup pada pakaian yang baru dicuci dan dikeringkan. Para ahli menduga, penyebabnya adalah, saat ini, kita menggunakan air pencuci yang lebih dingin, suhu pengering yang lebih rendah dan menggunakan bleach lebih sedikit. Untuk mencegah kuman berbahaya masih menempel pada pakaian, cuci pakaian dalam dan handuk secara terpisah dengan air panas. Lalu bleach untuk membasmi kuman. Jangan pernah mencuci lap dapur atau lap piring dicampur dengan pakaian. Cuci secara terpisah.


    Utamakan dapur

    Beda dengan dugaan kita, tempat yang paling banyak kuman di dalam rumah ternyata buka kamar mandi. Dapur yang sekilas tampak bersih justru mengandung lebih banyak kuman berbahaya. Tempat cuci peralatan dapur/sayur/buah dan lain-lain di dapur serta peralatan seperti talenan, dan permukaan kerja diliputi bakteri yang jumlahnya 200 kali lebih banyak dibanding dudukan toilet. Penyebabnya adalah kontaminasi silang dari makanan mentah. Untuk mencegah dapur menjadi sarang kuman, cuci segala sesuatu yang digunakan untuk mengolahdaging, ikan, atau unggas dengan air sabun panas. Lalu desinfeksi tempat cuci, permukaan kerja, keran air, dan segala sesuatu yang Anda sentuh dengan bleach. Strategi ini dapat mengurangi kadar bakteri di dapur sampai 95% atau lebih.


    Mengurangi kuman di dalam makanan

    Menambahkan ekstra bawang putih, bawang bombai atau bawang merah atau oregano dapat menundukkan kuman sebelum mencapai piring makan kita. Studi-studi di NewYork menunjukkan, rempah ini adalah antibakteri yang hebat, yang dapat membunuh kuman yang kontaknya dengannya sampai 100%. Thyme, kayu manis, tarragon, dan cumin menempati urutan kedua. Membunuh 80% bakteri yang kontak dengannya.

    Sumber: Tabloid Aura

     

     


    BreezingCommerce - Mini Cart

    Your cart is empty

    BreezingCommerce - Filter

    Categories

    Find Products

    BreezingCommerce - Categories

    © 2020 Mjokertocyber Media. All Rights Reserved.

    Please publish modules in offcanvas position.